Gubernur Sumsel Jamin Kesiapan Transportasi Atlet

By Admin

nusakini.com--Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri 8th Coordination Committee Meeting bersama Delegasi Olympic Council of Asia (OCA) dengan para pimpinan INASGOC dan instansi terkait lainnya membahas persiapan pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 di Jakarta dan Palembang. Meeting berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, kemarin.

Selain Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Meeting dihadiri langsung Chairman of Olympic Council of Asia (OCA) Mr Tsunekazu Takeda, Life President of OCA Mr Wei Jizhong, dan Vice President of OCA Rita Subowo, Presiden INASGOC, Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.  

Beberapa poin dibahas dalam meeting tersebut diantaranya mengenai sport program with events and timing, appointment of technical delegate, technical handbook and ETS, test event, construction of venue update, transportasi atlet, marketing update, games promotional campaign, TV Broadcast, dan IT. 

Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dalam kesempatan ini menjelaskan mengenai transportasi para Atlet Asian Games di Palembang yang tidak sama seperti transportasi atlet di Jakarta. Setelah tiba di Bandara SMB II Palembang, atlet langsung menuju stasiun LRT melalui sky bridge, kemudian naik LRT, sepanjang 24 kilometer menuju Jakabaring Sport City. 

Lanjutnya, sampai di Jakabaring, atlet akan dijemput menggunakan elektrik car dan hidrogen car menuju wisma atlet. Bahkan untuk latihan maupun bertanding atlet cukup berjalan kaki, dan jika membawa banyak peralatan bisa menggunakan golf car. 

"Intinya kenyamanan atlet kita utamakan termasuk transportasinya tidak ada masalah karena semua venue olahraga yang dipertandingkan terpusat di Jakabring Sport City," ungkap Alex. 

Chairman of Olympic Council of Asia (OCA) Mr Tsunekazu Takeda mengatakan, dalam rangkaian 8th Coordination Committee Meeting pihaknya sudah melakukan peninjauan kesiapan Asian Games di Palembang, meninjau venue olahraga Jakabaring dan menggelar sport & venue evaluation meeting. 

"Kita percaya Palembang siap sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang walaupun masih perlu dilakukan penambahan beberapa fasilitas lainnya," terangnya. 

Sementara itu, meeting yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 itu sebagian besar delegasi OCA menyoroti tentang kesiapan transportasi atlet mulai dari Life President of OCA Mr Wei Jizhong hingga sejumlah delegasi lainnya memberikan masukan dan saran terhadap hal tersebut. Pasalnya, transportasi menjadi salah satu hal yang sangat penting karena menyangkut kenyamanan atlet. 

Di kesempatan yang sama, Presiden INASGOC, Erick Thohir saat membuka meeting menyampaikan apresiasi kepada semua semua peserta meeting yang sudah hadir untuk memberikan informasi mengenai update semua persiapan Asian Games kepada delegasi OCA. 

"Terima kasih kepada pak menteri Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin karena sudah hadir," pungkasnya.(p/ab)